3 Paragraf Berbeda

Malam ini gue main ke blog berniat menulis sesuatu, menulis keresahan. Tapi, karena gue masih mikir keresahan apa yang mau gue tulis serta gimana nulisnya, maka gue mau share tugas Bahasa Indonesia kemarin. Iya, jadi yang gue bilang tugas lagi itu ditulis dan dikirim ke email. Gue mau kirim disini karena ingin memperlihatkan ketidakbisaan gue menulis, hahah. Apa yang gue maksud adalah, ya kalau ada orang lewat disini mungkin bisa dikritik, walau di dalam hati juga gak apa-apa kok.

Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia 

Saya Nafa, mahasiswi semester 2 di Jurusan Kehutanan, Universitas Lampung (Unila). Proses yang mengantarkan saya menempuh pendidikan di Jurusan Kehutanan merupakan jalan yang acak. Tidak ada satu pun pengetahuan atau kemampuan yang saya miliki sehingga memilih jurusan tersebut. Naik tingkat ke kelas 12 di SMA membuat saya bertanya-tanya arah yang ingin ditempuh. Saya mulai mencari tahu banyak jurusan, mencocokkan tes kepribadian dengan bidang yang menurut saya menarik, dan membaca artikel pekerjaan berprospek bagus. Kemudian, satu artikel berjudul "Jurusan-Jurusan yang Memiliki Prospek Kerja Bagus tapi Sepi Peminat" berhasil membuat saya mencantumkan jurusan Kehutanan di daftar potensi pilihan jurusan milik saya. Ternyata hal itu belum cukup untuk memantapkan hati. Seolah takdir, saat Education Fair di sekolah, saya jatuh cinta dengan leaflet IPB University yang menggambarkan lengkap setiap fakultas termasuk Fakultas Kehutanan. Dalam leaflet itu dituliskan apa itu Kehutanan, apa saja yang dipelajari pada tiap jurusan di Fakultas Kehutanan, dan bagaimana prospek kerjanya. Momen itu mengukuhkan saya untuk memilih Kehutanan sampai akhir. Saya meletakkan Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata, IPB pada SNMPTN dan Kehutanan, Unila pada SBMPTN. Di Unila lah akhirnya tempat saya mempelajari dan menyadari lebih dalam pentingnya ilmu Kehutanan.

Alasan Memilih Kehutanan
Keterangan : Paragraf Naratif
---- 

Hutan merupakan ekosistem kompleks yang memiliki peran esensial terhadap bumi. Hutan adalah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang didominasi pepohonan berisi sumber daya alam hayati dalam persekutuan alam lingkungan yang tidak dapat saling dipisahkan (UU No. 41 Tahun 1999). Pohon-pohon menyerap gas karbondioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan kemudian diolah menjadi oksigen untuk bernapas. Makhluk hidup tidak akan kekurangan air karena siklus hidrologi yang terjadi di hutan menjamin cadangan air melimpah. Hutan adalah rumah, yaitu tempat bernaung dan bergantung bagi flora dan satwa liar. Segala unsur biotik dan nonbiotik hidup di dalam hutan sehingga kekayaan sumber daya alam yang terkandung di dalam hutan tidak hanya memenuhi kebutuhan manusia, melainkan seluruh makhluk di bumi. 

Apa yang Anda Ketahui Tentang Hutan
Keterangan : Paragraf Deduktif
---- 

Berdasar hasil kajian Forest Watch Indonesia (FWI), pada periode 2013-2017 angka deforestasi hutan alam di Indonesia sebesar 5,7 juta hektare dengan 2,8 juta hektare berada dalam konsesi dan 2,9 juta hektare lainnya berada di luar konsesi. Masalah-masalah yang menyebabkan deforestasi seperti kebakaran hutan, penebangan liar, pembukaan dan perluasan lahan yang tidak memperhatikan aspek lingkungan, dan sebagainya. Hal ini terjadi karena tidak ada atau kurangnya pemahaman masyarakat terhadap ilmu Kehutanan. Minimnya pengetahuan mendorong ketidakmampuan menghadirkan tata kelola hutan yang baik. Kehutanan sebagai bidang ilmu manajemen dan konservasi hutan sangat penting dipelajari oleh masyarakat Indonesia. 

Mengapa Kehutanan Penting di Indonesia?
Keterangan : Paragraf Induktif
----

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memilih Kembali ke Hakikat (Alasan Memilih Jurusan Kehutanan)

Substitution

Menyapa Kembali